Cara Mencari Cuitan Secara Spesifik dengan Menggunakan Fitur Advanced Search


Twitter merupakan platform media sosial yang masih menjadi primadona hingga sekarang. Beberapa fitur twitter tetaplah menarik sampai kini di antaranya adalah Trending Topic yang menjadi acuan dan sumber para pencari berita baik media online maupun media cetak. Internetlivestats menghitung, ada sekitar 6000 cuitan dalam satu detiknya, ada 350.000 cuitan per menit, dan 500 juta tweets dalam satu hari. Wow, banyak sekali bukan? Nggak kebayang kan jika cuitan-cuitan tersebut dikumpulkan dalam waktu yang lama, pasti kalian pun nggak sanggup membacanya semua.
Tweet/cuitan yang beredar di linimasa kita, pastinya juga tak kalah banyak. Meski kita hanya mengikuti akun yang kita follow saja, akan tetapi tak bisa dipungkiri dalam satu hari saja bisa sampai puluhan bahkan ratusan. Seringkali kita lupa atau belum sempat menyimpan tweet yang kita rasa penting atau menarik dan sedihnya cuitan tersebut sudah tenggelam atau tertimbun tweet-tweet yang baru. Mau mencari cuitan lama dengan cara menelusuri linimasa sampai ketemu? Rasanya agak mustahil ya?

Lalu bagaimana cara mencari cuitan yang spesifik berdasarkan waktu ataupun akun tertentu? Yuk, kita simak beberapa langkah berikut:

A. Lewat PC

1. Buka akun twitter kalian, kemudian log in, di kolom pencarian ketikkan kata “test” atau lainnya terserah (ini dimaksudkan agar membuka halaman advanced search). 
2. Di bagian sebelah kiri ada tulisan search filters, pilih show/tunjukkan. Pilih advanced search, atau kalau kalian tak mau report langsung buka https://twitter.com/search-advanced 
3. Kemudian kalian bisa isikan kata kunci atau cuitan yang sedang kalian cari pada kolom-kolom yang tersedia, semakin detail kalian isikan semakin spesifik pula hasil pencariannya. Pada kolom-kolom tersebut terdiri dari: kata kunci, kalimat, hastag, bahasa, akun, mention, dan juga tanggalnya. 
4. Untuk tanggalnya kalian bisa menentukan dalam kurun waktu kapan cuitan itu dibagi dari akun mana dan untuk siapa.
5. Jika sudah, klik search. Maka akan muncul cuitan-cuitan hasil pencarianmu. 

B. Lewat HP

1. Seperti halnya lewat PC, kalian ketikkan kata apa saja agar fitur advanced search terbuka.
2. Kalau sudah terbuka maka akan ada dua ikon di pojok kanan atas.
3. Ikon sebelah kiri adalah untuk mengatur search filters, kalian bisa memilih cuitan dari orang yang kalian follow ataupun dari orang yang bukan kalian follow juga berlokasi dari sekitar kalian atau dari manapun berada. Kalau dari sekitar kalian tentunya kalian harus mengaktifkan GPS kalian terlebih dahulu.
4. Sedangkan ikon sebelah kanan, akan memunculkan search setting yaitu mengatur agar cuitan yang sedang kalian cari tidak mengandung konten-konten yang sensitif.
5. Kalau sudah klik apply

C. Cara Alternatif

Selain cara-cara di atas, ada cara lain yang cukup sederhana namun hasil pencariannya  hanya mengacu pada kata kunci, akun, dan waktunya saja.
1. Buka twitter kalian dan log in.
2. Pada kolom pencarian ketikkan format sebagai berikut:
(kata kunci/keyword) spasi from: (username Twitter) spasi since: 2018-08-01spasi until 2018-08-20
contoh: 
    asian games from:kompascom since:2018-07-31 until:2018-08-18
3. Lalu enter atau klik tombol cari

Jika kata kunci yang kalian cari tepat maka hasil pencarian akan berhasil muncul, namun jika hasilnya nihil, berarti ada banyak faktor yang melatarbelakangi di antaranya adalah: username yang berganti, akun yang diproteksi (jika kalian mencari akun yang tidak kalian follow) dan juga ketidaktepatan waktu.

Tentunya banyak di antara kalian yang sudah memakai twitter sejak lama, cara di atas juga bisa digunakan untuk mencari cuitan lama kalian. Ya, barangkali kalian ingin sedikit bernostalgia bukan? Namun, cara tersebut hanya berlaku jika akun kalian tidak diproteksi, atau bisa dengan membuka dulu proteksinya kemudian baru mencari.

Nah, itulah beberapa cara untuk mencari cuitan secara spesifik. Ketika kita hidup bersama teknologi, kita diharapkan berada di level yang beretika. Teknologi bak pisau bermata dua. Tentu saja harapan penulis adalah kalian bisa menggunakannya dengan bijak. Selamat menyelami Twitter!

Post a Comment

0 Comments