7 Dorama Berkonsep Restoran yang Inspiratif Sekaligus Bikin Lapar Mata


Serial Jepang atau yang lebih akrab disebut dengan dorama memang selalu menyuguhkan sesuatu yang unik,  menarik dan juga selalu memberikan kita inspirasi dan pengetahuan tentang banyak hal. Coba tanyakan ayah,  ibu atau om dan tante kalian, familiar kah dengan dorama Oshin? Tokyo Love Story? Ya, kala itu dorama pernah sangat berjaya di dunia pertelevisian Indonesia. Pada tahun 90-an salah satu televisi swasta Indonesia juga pernah menayangkan dorama seperti: Beach Boys, Long Vacation, Long Generation, Strawberry on The Shortcake, Rindu-rindu Aizawa dan lain sebagainya. Kini, dorama semakin menarik dan menawarkan lebih banyak genre dari romens, komedi, profesi, slice of life, medis, olahraga, sampai kuliner.
Berikut rekomendasi 7 dorama berkonsep restoran yang inspiratif  dan jaminan membuat kamu lapar mata:


1. Tokyo no Ryoriban (2015)




Adalah seorang pria bernama Tokuzo Akiyama (Sato Takeru) yang pada awalnya tengah mencari jati diri dalam pekerjaannya. Setelah dijodohkan dengan anak seorang pedagang pemilik sebuah toko, Tokuzo lambat laun berubah dan menemukan passionnya yaitu ingin menjadi seorang koki yang melayani kaisar. Ia pun mulai belajar di sebuah restoran di Tokyo dengan penuh ketekunan dan membawanya terbang ke Perancis untuk melanjutkan studi memasaknya .  Hidangan-hidangan bercitarasa Jepang dan Perancis dalam dorama ini siap membuat perut kamu keroncongan.  Lalu mampukah Tokuzo meraih cita-citanya? Saksikan sendiri doramanya, ya!

2. Hungry! (2012)




Menceritakan seorang anak band rock Eisuke (Osamu Mukai) yang ingin meneruskan restoran keluarga yang dulu pernah dikelola oleh ibunya yaitu La Petit Chou. Sepeninggal ibunya, alih-alih mewarisi restoran tersebut, Eisuke harus memulai dari nol usahanya karena restoran tersebut diambil alih oleh seorang pelanggan resto ibunya. Perjuangan Eisuke untuk terus mengambalikan nama restoran keluarga semakin menarik ketika muncul seorang perempuan yang sangat menggemari masakan Eisuke. Oh iya, ditontonnya jangan pas sedang diet atau sedang puasa ya, soalnya bertebaran hidangan yang bikin kamu ngiler parah! hehehe

3. Kodoku no Gurume (The Solitary Gourmet) (2012-2018)




Serial Jepang satu ini merupakan adaptasi komik/manga karangan Masayuki Kusumi dan diilustrasikan oleh Jiro Taniguchi. Kodoku no Gurume diperankan oleh Yutaka Matsushige sebagai Goro Inogashira, seorang importir barang-barang seni yang sering mengunjungi resto atau rumah makan setelah seharian sibuk bekerja. Dilihat dari judulnya, dorama ini memang fokus pada Goro yang sedang menikmati makanannya seorang diri. Kodoku no Gurume tayang dari tahun 2012 (season 1) dan sampai sekarang (season 7). Tak perlu diragukan lagi, menu makanan  yang ditampilkan di sini kelihatan sangat lezat karena restonya pun sungguhan ada di Jepang.

4. Ramen Daisuki Koizumi-san (2015)



Jika kalian pecinta ramen atau mie kuah yang sangat populer di Jepang, maka dorama ini sangat pas untuk kalian. Karakter utama dalam dorama ini yaitu Koizumi (Hayami Akari), siswi pindahan yang cantik, misterius plus penggila ramen. Kalian akan diajak Koizumi untuk menjelajah rumah makan/resto ramen satu demi satu dan mengulik kekhasan ramennya masing-masing.  Intinya memang all about ramen plus filosofinya. Awas, jangan sampai ngiler!

5. Pan to Soup to Neko Biyori (Bread Soup and Cat Weather/2013)



Dorama bergenre kuliner dan slice of life ini memang tak hanya menyajikan menu-menu yang memanjakan mata, tetapi jalan ceritanya yang juga menarik dan membuat terhanyut. Akiko  (Kobayashi Satomi) adalah seorang mantan editor yang resign dan memutuskan untuk membuka restoran di rumahnya. Konsep yang dipilih untuk restonya adalah konsep bergaya breakfast/western food. Dia ditemani oleh seorang asisten yang bernama Shima-chan (Kana) dan seekor kucing yang lucu dan menggemaskan.

6. Shinya Shokudo (Midnight Diner/2009)



Jika dialihbahasakan menjadi Warung Tengah Malam. Serial satu ini memang menceritakan tentang warung yang bukanya tengah malam beserta kisah yang diceritakan para pelanggannya sambil menikmati menu yang mereka pesan. Begitu intim dan hangat. Biasanya menu yang dipilih bermacam-macam dan mempunyai keterkaitan emosi dengan jalan hidup masing-masing pelanggannya. Meski sederhana, menu yang ditampilkan begitu menggoda dan menerbitkan air liur.

7. Mondai no Aru Restaurant (2015)



Dorama yang berkisah tentang seorang perempuan bernama Tanaka Tamako (Maki Yoko) yang mengelola  restoran bergaya Perancis bersama beberapa temannya yang hampir semuanya adalah perempuan (Mayu Matsuoka, You, Nikaido Fumi, Usuda Asami , Yasuda Ken). Keinginan mendirikan restoran tersebut didasari karena sahabatnya (perempuan) mengalami perlakuan tidak menyenangkan di tempat kerjanya. Tamako bersama teman-temannya melewati berbagai  rintangan agar restoran mereka survive di antara banyaknya restoran yang dikelola para lelaki.

Post a Comment

0 Comments