7 Film Fiksi Ilmiah Terkeren Sepanjang Masa yang Sayang untuk Dilewatkan

Mungkin di antara kalian ada yang menggemari genre fiksi ilmiah bukan? Fiksi ilmiah merupakan genre yang penuh dengan imajinasi dan biasanya berupa gambaran-gambaran yang belum tentu ada di dunia nyata namun menarik untuk ditonton karena bisa menambah wawasan kita tentang ilmu-ilmu sains dan teknologi manusia. Nah, bagi yang sedang mencari rekomendasi tontonan film fiksi ilmiah, yuk, simak list film fiksi ilmiah berikut ini!

1. Interstellar (2014)




Siapa, sih, yang nggak tahu Christopher Nolan? Salah satu sutradara terbaik dunia yang selalu menghasilkan film-film yang nggak biasa. Sebut saja Memento, Batman Trilogi, Inception, dan lain sebagainya. Nah, film ini pun disutradarai oleh seorang Christopher Nolan. Film Interstellar berlatarbelakang masa depan ketika krisis sumber daya alam melanda Bumi. Para ilmuwan berusaha keras agar manusia dapat dipindahkan ke planet lain yang lebih layak huni.

Karakter Utama di film ini adalah Cooper (Matthew McConaughey) seorang mantan pilot uji coba NASA yang banting setir menjadi petani jagung. Meski sarat akan konsep-konsep dalam ilmu fisika seperti konsep gravitasi, relativitas, lubang cacing, time travel, dan dunia paralel, namun Nolan membuat film ini tidak terlalu njelimet dan dekat dengan dunia nyata. Tak hanya itu, aspek visual atau sinematografinya pun juara. Meski bergenre fiksi ilmiah, sisi humanis dan dramanya hadir secara pas di film ini.

2. Ex Machine (2014)




Tema artificial Intelligence atau kecerdasan buatan memang bukan hal yang baru di dunia fiksi ilmiah. Seperti E.T, film ini mengangkat tema sebuah robot yang dirancang begitu canggih hingga menyerupai manusia sampai ke hal paling personal sekalipun.

Caleb (Domhnall Gleeson) diberi kesempatan karena telah menang undian untuk mengunjungi sebuah tempat riset rahasia milik seorang boss perusahaan search engine bernama Blue Book. Di sana, ia berkenalan dengan robot berkecerdasan buatan bernama Ava.  Perkenalan pun berlanjut dan membawa mereka berdua pada situasi yang melibatkan perasaan. Yang menarik dari film ini selain romantika Caleb dan Ava adalah kejutan atau plot twist di akhir film.

3. 2001: A Space Odyssey (1968)

Foto: mlp.cz




Siapa bilang film fiksi ilmiah jadul tidak keren? Inilah film mahakarya luar biasa dari seorang mahaguru perfilman Stanley Kubrick. Film yang dirilis tahun 1968 ini boleh dibilang merupakan film fiksi ilmiah terbaik yang pernah dibuat dan memberikan pengaruh yang kuat dan besar bagi genre fiksi ilmiah. 2001: A space Odyssey dibagi dalam empat bagian yaitu: The Dawn of Man, TMA-1, Jupiter Mission, dan Jupiter and Beyond the Infinite.

Film ini menceritakan tentang evolusi manusia dan penggambaran masa depan manusia. Kelebihan utama dari film ini adalah visual efek yang hebat. Bagaimana tidak, pada tahun dibuatnya film ini, teknologi manusia bahkan belum secanggih sekarang namun gambaran masa depan pada film tersebut seakan menjadi kenyataan pada akhirnya. Film ini menjadi bukti begitu jeniusnya seorang Stanley kubrick.

4. Alien (1979)

Foto: youtube.com

Fiksi Ilmiah nggak afdol rasanya kalau belum bicara tentang alien atau makhluk luar angkasa yang seringkali digambarkan menyeramkan dan menyerang bumi. Ada begitu banyak film tentang alien, namun film ini merupakan film alien yang ikonik dan monumental sepanjang masa. Sutradara film ini yaitu Ridley Scott begitu hebat menyajikan atmosfer penuh teror dan ketegangan dalam adegan-adegannya. Xenomorph (alien) yang diceritakan di film ini begitu menyeramkan dan membuat bulu kuduk berdiri.


5. Blade Runner 2049 (2017)


Foto: filow.com


Inilah film yang memenangi sinematografi terbaik  pada gelaran Oscar tahun 2018. Blade Runner 2049 merupakan sekuel dari Blade Runner (1982) yang merupakan adaptasi dari novel Do Androids Dream of Electric Sheep? Karya Philip K.Dick. Jika Blade Runner (1982) merupakan karya Ridley Scott maka Blade Runner 2049 adalah hasil karya Denis Villeneuve yang terbukti mampu melampaui pendahulunya.

Film ini dibintangi oleh Ryan Gosling sebagai K yaitu seorang replikan (manusia-manusia android) yang bertugas memensiunkan para replikan lain yang sudah tidak layak beroperasi. Keunggulan film ini jelas ada pada sinematografi yang begitu indah dan memesona hasil garapan sinematografer Roger Deakins.

6. Coherence (2013)

Foto: impulsegamer.com



Jika film-film di atas merupakan film-film ber-budget besar nan berkualitas, maka film fiksi ilmiah kali ini adalah film fiksi ilmiah yang low budget namun tetap cerdas dan tak kalah menarik. Film yang merupakan debut penyutradaraan James Ward Brykit ini berjalan dengan lambat namun membuat penasaran karena tiap adegan demi adegan memancing kita untuk berpikir dan menebak-nebak apa yang sebenarnya sedang terjadi. Betapa penuh misteri dan menegangkannya film ini.

Konsep-konsep dalam ilmu fisika seperti komet, multiuniverse, dunia paralel sampe pada mitos doppelganger ada di sini. Bagi yang menggemari misteri, teka-teki dan fiksi ilmiah, film ini jelas tak boleh dilewatkan begitu saja.

7. Ready Player One (2018)
Foto: indiewire.com




Film ini diangkat dari novel karya Ernest Cline berjudul serupa yang mengisahkan dunia virtual di masa depan. Masa depan yang digambarkan dalam film ini adalah kondisi distopia atau berada dalam kondisi yang krisis energi. Tersebutlah OASIS yaitu game virtual yang menjadi surganya para gamer. Di dalam dunia yang bernama OASIS itu orang bisa menjadi apapun yang mereka mau sekaligus bisa mendapatkan hadiah-hadiah yang disediakan bagi yang memenangkan lomba.
Film ini sarat akan muatan yang berisi ikon-ikon budaya populer dunia, penuh nostalgia sampai pada nilai filosofis yang menyinggung eksistensi manusia dalam peradaban era distopia. Angkat topi buat mahaguru Spielberg yang dengan tepat sekaligus brilian meracik semuanya dalam sebuah tontonan yang tak hanya indah visualnya namun juga jalan ceritanya.
Nah, itulah rekomendasi 7 film fiksi ilmiah terkeren sepanjang masa yang sayang untuk dilewatkan, Guys.


Post a Comment

0 Comments