6 Tren Makanan Sehat yang Diprediksi Bersinar di Tahun 2019

Halo Pencinta Kuliner! Setelah sepanjang tahun dunia kuliner diramaikan dengan tren ThaiTea atau Thailand Tea, Es kepal, Donat Indomie, Cheesecake dan beraneka macam Geprek, lalu apa yang kira-kira akan booming dan menjadi tren di tahun mendatang? Dari riset pasar dan beberapa informasi yang tersebar baik dari artikel-artikel maupun di media sosial, maka inilah beberapa list yang bisa penulis himpun. Yuk, kita simak!

1. Susu Oat/Oat Milk


Photo: zliving

Jika dulu susu Almond pernah meroket di tahun 2016, maka susu Oat atau Oat Milk diprediksi akan digandrungi pada tahun 2019. Apa sebenarnya Oat Milk itu? Oat Milk pada dasarnya sama prinsipnya seperti susu Kedelai, Susu Almond yang merupakan pengganti dairy milk (susu sapi, susu kambing, dll). Untuk membuatnya cukup mudah, Oat diblender sampai halus dan diambil sarinya dengan cara menyaringnya kemudian ditambahkan gula atau madu sesuai dengan selera penikmatnya. Oat Milk tahan disimpan dalam kulkas setidaknya sampai 2 hari.

2. Probiotik


photo: healthline

Makanan Probiotik tak pernah mengenal kata surut dari tahun ke tahun.
Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang baik bagi kesehatan karena keberadaannya yang membantu proses pencernaan makanan dengan menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan bagi tubuh. Salah satu jenis probiotik adalah bakteri Lactobacillus Rhamnosus yang mengubah laktosa dan gula menjadi laktat. Selain itu ada bakteri Bifidobacterium Longum yang bertanggungjawab memfermentasi gula menjadi asam laktat.  Contoh makanan Probiotik adalah Yoghurt, Kefir, Kombucha, Sauerkraut, Miso, Natto, Kimchi, Tempeh, dsb.  Makanan berjenis ini diprediksi akan bersinar di tahun mendatang.

3. Frozen Dessert


photo: thrillist

Dessert atau makanan pencuci mulut memang nggak ada matinya. Maka di tahun 2019 jenis makanan ini tetap akan menjadi pilihan banyak orang karena rasanya yang menyegarkan, manis dan enak. Dessert manis yang dibekukan tidak akan jauh-jauh dari es krim dengan berbagai kreasi dan turunannya.

4. Snack atau Camilan Berbahan Dasar Produk Laut

Banyak yang memprediksi makanan ringan dengan berbahan dasar ataupun campuran produk dari laut akan meraup banyak penggemar di tahun mendatang. Snack tersebut bisa terbuat dari rumput laut, kombu, alga, kulit salmon dan lain sebagainya.




5. Makanan Timur Tengah dan Afrika 

Makanan atau kuliner dari Negara-negara Afrika maupun Timur Tengah diprediksi akan mengganti kepopuleran kuliner Thailand dan India beberapa tahun belakangan ini.

6. Makanan Vegan-friendly 

Dengan populernya berbagai jenis diet seperti diet vegan, keto, paleo, makrobiotik dll di sepanjang tahun 2018, kecenderungan pola hidup sehat akan terus berlanjut hingga tahun mendatang, oleh karena itu, makanan vegan friendly diperkirakan akan populer di tahun 2019 seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, bunga kol, coconut water, hummus dsb.

Post a Comment

0 Comments