Yuk, Lakukan 7 Tips Penting ini di Lingkungan Kerja Agar Mental Tetap Sehat!

Persoalan kesehatan mental merupakan persoalan penting yang harus senantiasa kita perhatikan, tak heran dunia memeringati hari kesehatan mental setiap tanggal 10 Oktober (World Mental Health Day). Faktor yang menyebabkan gangguan kesehatan mental memang bisa dari mana saja tak terkecuali dari lingkungan kerja. Menurut WHO, lingkungan kerja yang negatif kerap menimbulkan masalah kesehatan fisik dan juga mental. Selain itu, rutinitas yang cenderung sama setiap harinya dan tekanan pada pekerjaan juga membayangi berbagai penyakit dan gangguan mental seperti stres, gangguan  kecemasan (anxiety dissorder) bahkan depresi. Lalu bagaimanakah cara kita agar mental sehat tetap terjaga di lingkungan kerja? Yuk, simak 7 tips penting ini!

1. Buatlah tempat kerja yang bersih, rapi dan senyaman mungkin

Ruang kerja atau tempat kerja adalah tempat di mana kalian menghabiskan waktu selama di kantor. Tempat kerja yang bersih dan nyaman akan membuatmu lebih produktif dan terhindar dari stres.


2.  Luangkan waktu untuk sekedar chit chat atau mengobrol kecil dengan coworker/partner kerja

Pekerjaan yang menunggung, deadline yang ketat adalah faktor pemicu stres dan gangguan kesehatan mental. Ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk sekedar berbincang atau melontarkan guyonan kecil dengan teman kerjamu. Ini berfungsi agar pikiran tidak terlalu kaku dan tegang.

3. Makan siang dengan menu sehat

Sesibuk apapun kamu, usahakan agar tak melewatkan makan siang. Makan siang penting agar kamu mendapatkan energi untuk menyelesaikan pekerjaan dan tidak mudah dihinggapi stress. Menu yang dipilih hendaknya menu dengan pola sehat yang penuh vitamin dan mineral.

4. Sempatkan strectching atau jalan-jalan kecil

Saat kamu terlalu sibuk bekerja, melakukan strectching atau sekedar jalan-jalan kecil sambil menghirup oksigen akan membuat peredaran darah ke otak dan seluruh tubuh menjadi lancar. Hal ini akan membuatmu lebih fresh dan rileks.

5. Mendengarkan musik

Menurut penelitian bertajuk Speaking of Psychology,  mendengarkan musik dapat membuat orang lebih bahagia dan menjadi lebih rileks, selain itu juga dapat mengurangi tingkat stres. Menurut Daniel Levitin, PhD, seorang ahli Neurologi mengatakan bahwa mendengarkan musik bisa membuat mental lebih sehat dan meningkatkan kinerja otak.


 6. Menulis jurnal harian

Menulis mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan mental. Kamu bisa melepaskan kegundahan, kepenatan, menguraikan emosi yang terpendam dengan menulis. Catat atau tulis hal-hal yang terjadi pada hari itu sambil minum secangkir teh. Menurut Jurnal Positive Psychology, bahkan ada 83 keuntungan menulis jurnal harian/diary agar terhindar dari penyakit-penyakit mental seperti depresi, gangguan kecemasan dan stres.


7. Penuh syukur dan selalu tersenyum

Pada akhirnya kita sebagai manusia harus pandai bersyukur dan bersugesti akan hal-hal yang positif. Hidup yang penuh syukur dan berpikir positif akan berpengaruh kuat pada kualitas jiwa dan kesehatan mental kita.

Post a Comment

0 Comments